Kredit Kepemilikan Rumah ( KPR ) Bank HSBC Mewujudkan Rumah Idaman Anda

Membeli Rumah Baru
Semua yang perlu Anda ketahui untuk mewujudkan rumah idaman Anda
Kredit Kepemilikan Rumah ( KPR ) Bank HSBC Membeli Rumah Baru

Membeli rumah atau properti adalah salah satu keputusan finansial terbaik yang bisa Anda lakukan. Banyak faktor yang harus Anda pertimbangkan, mulai dari mencari pinjaman yang tepat sampai menemukan rumah idaman. Informasi dan tips yang tepat akan sangat menolong Anda dalam mewujudkan rumah idaman Anda.
Langkah-langkah membeli rumah :
1. Survey Rumah Idaman
Mulailah pencarian rumah idaman Anda dengan gambaran yang jelas tentang apa yang Anda inginkan, apartemen atau rumah, 2 kamar tidur atau 4 kamar tidur, lebih dekat kekantor atau sekolah anak atau di daerah perumahan, dan lain-lain. Luangkan waktu untuk survey kebeberapa lokasi properti yang Anda tuju dana apabila Anda membutuhkan bantuan, cari agen properti yang terpercaya untuk membantu Anda.
2. Hitung Anggaran Dana yang Diperlukan
HSBC biasanya memberikan pinjaman 70% dari nilai properti, jadi Anda perlu mempersiapkan dana minimum 30% dari nilai properti sebagai langkah awal.

Dana lain yang perlu dipersiapkan dalam permohonan KPR Anda seperti Biaya Administrasi sebesar 0,1% dari nilai pinjaman, Biaya Provisi sebesar 1% dari nilai pinjaman, serta biaya – biaya lain seperti biaya appraisal, biaya Notaris, Asuransi Jiwa dan Kebakaran serta Biaya Pajak Pembeli (Biaya Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan) yang akan ditentukan kemudian.
3. Cari KPR yang Tepat
Memilih KPR yang tepat merupakan langkah penting berikutnya setelah mencari rumah idaman. Dalam memilih KPR, ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan; tingkat suku bunga, proses yang cepat dan mudah, tenor pinjaman yang dapat disesuaikan dengan rencana jangka panjang Anda dan benefit-benefit lain yang ditawarkan.

4. Valuasi dan Legalitas Properti
Setelah menemukan rumah idaman dan KPR yang tepat, lakukan valuasi terhadap rumah idaman Anda dengan menggunakan jasa perusahaan penilai yang telah menjadi rekanan HSBC.

Langkah selanjutnya adalah menghubungi notaris untuk memeriksa dokumen properti dan mengurus sisi legalitas untuk membeli properti. HSBC akan memberikan rekomendasi notaris yang bisa Anda hubungi.

Biaya jasa penilai tergantung dari luas properti dan biaya notaris dapat berbeda tergantung lokasi/daerah properti serta besarnya nilai properti yang diajukan. Kami sarankan Anda untuk menghubungi beberapa notaris rekanan HSBC untuk perbandingan harga.
5. Finalisasi dan Settlement

• Setelah valuasi rumah idaman Anda telah selesai dan seluruh tahap telah selesai dilaksanakan, maka tahap berikutnya adalah finalisasi KPR Anda. Pada tahap akhir, HSBC akan memberikan persyaratan dokumen terakhir yang diperlukan, antara lain:

Asuransi

KPR Anda akan dijaminkan oleh perusahaan asuransi yang telah bekerja sama dengan HSBC untuk melindungi properti dan diri Anda dari hal-hal yang tidak diinginkan. HSBC akan membantu Anda dalam pengajuan asuransi jiwa dan kebakaran kepada perusahaan asuransi yang ditunjuk.

Surat Persetujuan

HSBC akan memberikan surat persetujuan kepada Anda sebagai bukti bahwa proses aplikasi KPR Anda telah disetujui dengan jumlah pinjaman yang sesuai dengan hasil analisa HSBC. Apabila Anda menyetujui surat tersebut, segera infokan kembali ke HSBC dengan surat persetujuan yang telah Anda tanda tangani.

Akad Kredit

Ini adalah tahap terakhir dari proses pengajuan aplikasi, dimana proses jual beli melalui KPR HSBC akan dilegalisasi di depan notaris yang telah menjadi rekanan HSBC. Semua biaya yang timbul atas proses pengajuan KPR HSBC ini harus diselesaikan sebelum akad kredit dilaksanakan.

Apa yang dilakukan saat Akad Kredit ?
• Penandatanganan Akta Jual Beli (AJB) dengan Pihak Penjual dan penandatanganan Akta Pembebanan Hak Tanggungan (APHT) dengan HSBC dihadapan Notaris.
• HSBC akan membayar sejumlah uang kepada penjual sesuai dengan nilai transaksi yang tertulis di AJB melalui transfer antar bank.
• Setelah penjual menerima pembayaran tersebut maka penjual akan menyerahkan seluruh asli dokumen dan segala hal yang berkaitan dengan kepemilikan properti tersebut kepada notaris.
• Notaris akan menyerahkan seluruh dokumen properti (asli) yang diperjualbelikan untuk proses pendaftaran beserta permohonan perubahan nama dari penjual kepada pembeli kepada Badan Pertanahan Nasional setempat.
• Sertifikat yang sudah didaftarkan dan dibalik nama ke Badan Pertanahan Nasional akan dikirimkan kembali oleh notaris kepada HSBC.
Pengalihan KPR
Apabila KPR Anda sekarang sudah berjalan beberapa tahun, misalnya 5 tahun atau lebih, Anda adalah kandidat yang tepat untuk pengalihan KPR.

Keuntungan dari pengalihan KPR yang bisa Anda nikmati :
• Cicilan bulanan yang lebih rendah
• Jangka waktu pinjaman lebih panjang
Cara kerja pengalihan KPR :
• Isi aplikasi pengajuan KPR HSBC.
• Melengkapi surat persetujuan kredit dan surat sisa hutang saat ini dari Bank sebelumnya.
• HSBC akan mengevaluasi ulang harga rumah dan pendapatan Anda saat ini.
• Untuk selanjutnya akan mengikuti proses pengajuan KPR yang berlaku di HSBC.

Write a Reply or Comment